Soal Psikotes

5 Jenis Psikotes Spasial, Contoh Soal dan Jawabanya

Berikut jenis serta contoh soal dari psikotes spasial yang harus di pelajaran sebelum mengerjakan psikotes dan lainya.

Psikotes Spasial

Psikotes biasanya menjadi langkah wajib dalam proses seleksi calon pegawai. Salah satu jenis evaluasi ini adalah Psikotes Spasial. Jika Anda, para pencari pekerjaan, belum familiar dengan istilah ini, mari perhatikan beberapa contoh soal dan solusinya untuk membantu Anda berhasil dalam proses seleksi di perusahaan idaman Anda.

Definisi Psikotes Spasial

Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia, istilah “spasial” berarti sesuatu yang terkait dengan ruang atau lokasi. Oleh karena itu, Psikotes Spasial dapat diartikan sebagai jenis Psikotes yang terfokus pada pemahaman dan visualisasi struktur ruang.

Psikotes Spasial ini lebih mengkhususkan pada evaluasi kemampuan seseorang dalam memahami konsep ruang dan visualisasi objek tiga dimensi dalam sebuah bidang datar. Ini bisa meliputi kegiatan seperti mencocokkan bentuk, putaran, refleksi, kombinasi, dan bahkan struktur kubus.

Evaluasi jenis ini kerap digunakan dalam proses penerimaan calon karyawan di BUMN.

Selain tes Psikotes Spasial juga ada banyak jenis tes psikotes yang harus dipelajari jika ingin melakukan tes psikotes, jika anda belum baca silakan baca terlebih dahulu:

>>>>>>>99 Contoh Jenis Soal Psikotes Kerja, Jawaban dan Penjelasanya >>>>>>

Tujuan dari Psikotes Spasial

Tujuan dari Psikotes Spasial adalah untuk mengukur sejauh mana seseorang dapat memahami dan memanipulasi bentuk atau figur dalam ruang, serta memahami dan menalar pola yang berkaitan dengan struktur ruang.

Metode Pengerjaan Psikotes Spasial

Karena tes ini terkait dengan pemahaman ruang dan visualisasi, bahan belajar yang perlu disiapkan biasanya adalah materi tentang bangun ruang atau dimensi tiga, seringkali ditemukan di pelajaran matematika tingkat menengah atas. 

Yang perlu ditekankan disini adalah kebutuhan untuk memperhatikan detail dan pola dari gambar tiga dimensi. Sebagai contoh, jika Anda diminta untuk melanjutkan gambar berikutnya, itu berarti gambar yang disajikan mempunyai pola tertentu yang mengalami perubahan. Jika disuruh memilih satu jaring-jaring kubus yang sesuai dengan gambar kubus di soal, Anda cukup fokus pada detail gambar, termasuk arah dan posisi.

Kapasitas dalam penalaran Psikotes Spasial bisa diuraikan menjadi tiga komponen: deret/urutan, analogi, serta klasifikasi/pengelompokan. Untuk memahami pola ini, praktek yang rutin sangat diperlukan semakin sering Anda berlatih, semakin tinggi tingkat keakuratannya.

Psikotes Spasial

Apabila sebuah elemen beralih dari posisi 1 ke posisi 2, maka elemen tersebut akan bergerak ½  langkah berkebalikan dari putaran jarum jam.

Apabila elemen pindah dari posisi 1 ke posisi 3, gerakannya adalah 1 langkah melawan arah jarum jam.

Apabila elemen pindah dari posisi  1 ke posisi 8, elemen itu akan bergerak ½ langkah searah dengan jarum jam.

Apabila elemen pindah dari posisi 1 ke posisi 7, elemen itu akan bergerak 1 langkah searah dengan jarum jam.

Untuk memahami dalam konteks derajat:

  • Pindah dari 1 ke 8 = 45 derajat sesuai dengan putaran jarum jam.
  • Pindah dari 1 ke 7 = 90 derajat sesuai dengan putaran jarum jam.
  • Pindah dari 1 ke 6 = 135 derajat sesuai dengan putaran jarum jam.
  • Pindah dari 1 ke 2 = 45 derajat melawan putaran jarum jam.
  • Pindah dari 1 ke 3 = 90 derajat melawan putaran jarum jam.

Dan seterusnya demikian.

Deret Gambar

Pada tipe soal yang berkaitan dengan rangkaian gambar, Anda akan menemukan dua kelompok gambar: kelompok pertama untuk pertanyaan dan kelompok kedua untuk opsi jawaban. Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi adakah variasi bentuk atau jumlah dari elemen atau simbol dalam gambar. Seringkali, elemen atau simbol tersebut akan berpindah atau beputar. Ada juga kemungkinan elemen atau simbol lama digantikan oleh yang baru. Bahkan, bisa saja ada kombinasi dari variasi bentuk, jumlah, atau putaran.

1# Contoh Soal Penambahan Elemen

Psikotes Spasial

Jawabanya C

Di bagian atas bisa dilihat, perubahan dari gambar 1 ke gambar 2, gambar dua ke gambar ke polanya sama, iayalah penambahan obejek ada di dalamnya, pola ini di kerjakan sampai gambar 5, maka jawabanya adalah C, karena jika di teruskan dengan pola tersebut gambar C paling cocok.

2# Contoh Penghapus Elemen

Psikotes Spasial

Jawabanya D

Dapat dilihat pola dari gambar 1 ke gambar ke 2 adalah penghapusan salah satu elemen dalam gambar, jika di teruskan kembali hingga gambar 5 polanya tetap, dan jika di teruskan kembali gambar D paling cocok untuk melengkapinya.

3# Contoh Soal Psikotes Spasial Pergerakan Elemen

Psikotes Spasial

Jawabanya A

Jika dilihat elemen + diatas memiliki pola pergerakan berputar melawan arah jarum jam, pola pergerakanya pertama 1 langka, lalu 1/2 langka, lalu 1 langkah lagi, lalu 1/2 lagi, dan seterusnya hingga gambar no 5, jika dilanjutkan gambar yang cocok adalah A.

4# Contoh Soal Psikotes Spasial Pergerakan Elemen

Psikotes Spasial

Jawabanya B

Coba liat secara seksama, pola pergerakan elemen di dalam adalah bergerak berputar sesuai arah jarum jam, jadi jika diteruskan gambar B yang cocok untuk meneruskan setelah gambar no 5.

You may also like

error: Bercanda... !!