Psikotes Gambar Gambar Pohon Psikotes

Contoh Soal Gambar Pohon Apel Psikotes

Gambar pohon apel psikotes

Gambar pohon apel psikotes – Psikotes atau tes psikologi adalah instrumen yang diandalkan oleh banyak perusahaan, instansi pendidikan, dan organisasi lain dalam menilai karakteristik kepribadian, minat, dan potensi seseorang. 

Salah satu jenis psikotes yang menarik adalah psikotes gambar pohon. Menggambar pohon, terutama pohon apel, tidak hanya menjadi semacam kegiatan seni, tetapi juga alat yang kuat untuk mengungkap berbagai aspek psikologis. 

Menariknya, lewat goresan pena sederhana, pohon apel yang digambar bisa memberikan gambaran mendalam tentang sifat, emosi, dan bahkan harapan seseorang.

Gambar pohon apel dalam psikotes bukanlah sesuatu yang bisa dianggap sepele. Dibalik kesederhanaan garis dan bentuk yang dituangkan dalam kertas, terdapat refleksi jiwa yang kompleks. Teknik ini telah digunakan dalam berbagai pengaturan profesional untuk membantu ahli dalam memahami dan menilai seseorang lebih dalam.

Baca juga: 8 Contoh Soal Gambar Pohon Psikotes

Tes Psikotes Gambar Pohon Apel

Tes psikotes gambar pohon apel adalah salah satu bagian dari tes proyektif, dimana seseorang diminta untuk menggambarkan sebuah pohon apel dalam situasi tertentu. Dalam interpretasinya, setiap bagian dari gambar seperti batang, daun, akar, dan buah dapat mewakili berbagai aspek kepribadian, seperti stabilitas emosi, ambisi, hubungan sosial, dan lain-lain. Misalnya, ukuran pohon bisa mengindikasikan tingkat kepercayaan diri, sementara bentuk daunnya mungkin mengungkap sikap terhadap kehidupan.

Persiapan untuk Mengisi Soal Psikotes

Persiapan yang matang adalah kunci dalam menghadapi psikotes jenis ini. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

  • Pahami Teknik Dasar Menggambar: Meski bukan tes seni, menguasai teknik dasar menggambar akan membantu dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan lebih jelas.
  • Kenali Diri Sendiri: Cobalah untuk memahami diri sendiri, termasuk harapan, ketakutan, dan motivasi. Hal ini akan membantu dalam proses menggambar.
  • Latihan dengan Contoh Soal: Mencari contoh soal dan berlatih dengannya akan membantu Anda merasa lebih siap dan percaya diri.

Soal Gambar Apel dalam Tes Psikotes

Soal gambar pohon apel dalam tes psikotes biasanya disajikan dalam format terbuka, di mana responden diminta untuk menggambar pohon apel tanpa petunjuk khusus. Ada variasi lain di mana petunjuk tertentu diberikan, seperti menggambar pohon apel di musim gugur atau pohon apel dengan buah yang sudah matang. Interpretasi gambar akan fokus pada elemen-elemen seperti ukuran pohon, proporsi antara bagian, bentuk daun, kehadiran atau ketiadaan buah, dan sebagainya.

Baca Juga: Contoh Gambar Pohon Mangga Psikotes, Cara Mengerjakan dan Tujuan

Gambar pohon apel psikotes

Yang dinilai dari Tes Psikotes Gambar

Psikotes gambar pohon apel memiliki unsur-unsur yang nantinya akan dinilai oleh HRD yang mencerminkan kepribadian dari si pelamar. Beberapa unsur tersebut:

  • Goresan: Setiap goresan akan dinilai seperti goresan yang kuat menunjukkan seseorang memiliki kepercayaan tinggi serta tanggung jawabnya.
  • Posisi: Meletakkan posisi dari setiap unsur dalam gambar mencerminkan emosi dan sikap seseorang, jika pohon yang tegak menunjukkan emosi yang stabil dan sikap yang positif.
  • Bentuk: Bentuk dari sebuah gambar mencerminkan seseorang, jika bentuk dari gambar detail dan jelas menunjukkan konsentrasi yang baik.
  • Kerapian: Semakin rapi sebuah gambar pohon, maka menunjukkan tingkat ketelitian seseorang.
  • Kelengkapan: Jika seseorang menggambar pohon dengan lengkap maka menunjukkan seseorang yang memiliki kapasitas kerja hingga selesai, dan juga sebaliknya.

HRD akan menilai seberapa detail seseorang menggambar detail dari unsur-unsur di atas, namun jangan terlalu terbebani dengan itu semua, kerjakan dengan santai, sabar dan alami.

Tips Menjawab Soal Psikotes

Menjawab psikotes gambar pohon apel membutuhkan kejujuran dan refleksi diri. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna:

  • Jangan Terlalu Fokus pada Estetika: Ingat, ini bukan tes seni. Yang terpenting adalah apa yang ingin Anda ungkapkan, bukan seberapa indah gambarnya.
  • Jawab dengan Jujur dan Alami: Cobalah untuk tidak terlalu memikirkan apa yang “seharusnya” digambar. Biarkan gambaran Anda mengalir secara alami.
  • Tenang dan Fokus: Cobalah untuk rileks dan fokus pada apa yang sedang Anda lakukan. Stres bisa mengganggu kemampuan Anda untuk mengungkapkan diri dengan jujur dan terbuka.

Mengenal pohon apel dalam psikotes adalah perjalanan menarik ke dalam diri seseorang. Dengan persiapan yang tepat dan pendekatan yang terbuka, tes ini bisa menjadi alat yang kuat dalam penilaian dan pengembangan pribadi. Sebagai alat yang memadukan seni dan psikologi, tes ini mampu memberikan pandangan unik tentang kompleksitas manusia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

error: Bercanda... !!